Mengenal Sejarah Perum Percetakan Negara

Jika kebetulan kamu lewat di jalan Johar Baru, kamu pasti akan menemukan sebuah jalan dengan nama Percetakan Negara.

Hayo, siapa yang sering lewat johar baru? Jika kamu kebetulan sedang lewat di daerah jakarta pusat ini, kamu pasti familiar dengan nama sebuah jalan yang sampai sekarang cukup fenomenal. Yaitu jalan percetakan negara, betul atau betul?

Nama jalan ini cukup fenomenal, bukan karena di sana banyak bertebaran perusahaan offset printing indonesia. Jalan itu diberi nama demikian karena memang tepat disana terdapat sebuah perusahaan milik negara yang berfungsi untuk mencetak dokumen-dokumen negara. Perusahaan ini beralamat di Jl. Percetakan Negara No. 21, RT.1/RW.7, Johar Baru, Jakarta, 10560. Untuk menuju tempat ini, kamu bisa mengakses kereta commuter dan turun di Stasiun Gang Sentiong, dan lurus sedikit ke arah jalan percetakan negara, kamu akan melihat gedung offset printing indonesia disebelah kiri.

perum-percetakan-negara

Perusahaan Percetakan Negara ini dulunya dibangun oleh belanda untuk mengurusi arsip dan dokumen kenegaraan mereka dengan nama “Lands Drukkerij”. Arsip-arsip dan dokumen yang dicetak oleh perusahaan percetakan negara antara lain :

  • Kertas Pemilu
  • Duplikasi Berita Negara
  • Buku peraturan departemen dan perundang-undangan RI.
  • Laporan Lembaga Tinggi Negara
  • Kartu Tanda Penduduk, dan adminitrasi pencatatan sipil dsb.

Mungkin kamu juga akan mengira bahwa namanya percetakan negara, pasti disini juga mencetak uang, bukan begitu? Yap tepat sekali, tapi itu dulu. Pada tahun 1947 – 1962 perusahaan negara memang mengemban tugas untuk mencetak Oang Republik Indonesia (ORI), namun karena Indonesia semakin berkembang, Perusahaan Percetakan Negara di Daulat sebagai lembaga pendukung pembangunan negara dan pencetakan uang diserahkan kepada Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI).

perum-percetakan-uang-ri

Kini, Perum Percetakan Negara berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No.133 Tahun 2000 Pasal 7 mendapatkan tugas menangani urusan percetakan resmi milik negara, mengeluarkan state gazette dan berkas yang akan digunakan negara. Jadi bisa dibilang, sekarang Perum Percetakan Negara adalah Offset Printing Indonesia yang mengurusi kebijakan program pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional dengan cara mengadakan usaha di bidang percetakan, dan jasa grafika lainnya serta multimedia.