Tata Ruang Computer Laboratory dan Segala Aspek yang Harus Diperhatikan

Computer Laboratory atau laboratorium komputer adalah sebuah ruangan berisi komputer yang biasanya digunakan untuk segala bentuk pembelajaran tentang ilmu komputer. Laboratorium komputer tentu berbeda dengan warnet atau warung internet. Hal ini karena laboratorium komputer hanya akan dijumpai di sekolah, wilayah perkantoran, serta badan penelitian tertentu yang membutuhkan dukungan komputer. Saat ini, hampir di setiap sekolah sudah terdapat laboratorium komputer sebagai media pembelajaran. Jadi bukan hal yang mengherankan apabila setiap siswa sekolah saat ini sudah familiar dengan laboratorium komputer. Meskipun demikian, masing-masing sekolah memiliki pandangan berbeda tentang tata ruang ideal dari sebuah laboratorium komputer. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini hal yang akan diulas adalah mengenai tata ruang ideal dalam sebuah laboratorium komputer.

Computer-Laboratory

Sebelum membahas tentang tata letak ideal dalam sebuah laboratorium komputer, alangkah lebih baik jika melakukan sebuah perencanaan matang terlebih dahulu. Dalam tahap perencanaan, beberapa hal yang harus diperhatikan adalah mengenai keamanan alat, kenyamanan, serta peralatan yang sesuai dalam sebuah Computer Laboratory. Keamanan alat adalah hal yang sangat penting agar selama proses penggunaan laboratorium semua pengguna komputer tetap aman. Untuk masalah kenyamanan, tentu juga diperlukan baik oleh siswa pengguna komputer ataupun teknisi yang bertugas merawat sistem dan komponen komputer dalam jangka waktu yang lama. Ada beberapa ruangan yang harus disediakan dalam laboratorium komputer, diantaranya adalah:

  • Ruang Server
  • Ruang Kontrol LAN
  • Ruang Penyimpanan Alat-alat Computer Laboratory
  • Ruang Laboratorium Komputer
  • Ruang Staff Yang Bertanggung Jawab Terhadap Laboratorium Komputer

Empat ruangan tersebut adalah ruangan yang setidaknya harus ada dalam sebuah laboratorium komputer. Jika memungkinkan, ada beberapa ruangan lagi yang bisa diadakan, tergantung kebutuhan masing-masing sekolah atau kantor seperti ruang pengolahan data, ruang teknis, serta ruang terminal akses. Setelah itu, hal yang harus diperhatikan dalam tata ruang ideal sebuah laboratorium komputer adalah:

  • Ruangan harus memiliki kesesuaian dengan fungsi, penggunaan, kemudahan dalam melakukan perawatan hardware komputer, serta penempatan peralatan laboratorium komputer yang baik. Untuk bentuk penataan komputer, bisa dibentuk seperti huruf U. Namun jika jumlah komputer terlalu banyak, maka harus disesuaikan dengan besar ruangan yang tersedia.
  • Tata letak kabel harus bagus. Maksudnya adalah segala jalur pengkabelan harus tertata bagus dan aman mulai hingga saklar sehingga kemungkinan-kemungkinan buruk berupa kerusakan kabel bisa diminamalisir. Tata letak kabel yang aman juga akan mempengaruhi keamanan pengaliran listrik dalam laboratorium komputer tersebut.

Sedangkan untuk aspek teknis, beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penataan sebuah Computer Laboratory adalah adanya penangkal petir, pencahayaan, sirkulasi udara yang bagus, pendeteksi percikan api, dan kamera monitoring dalam ruang komputer tersebut. Semoga sedikit informasi ini bisa bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *