Cara Mendidik Anak dengan Baik

Diusia 5 tahun keatas, anak sudah mulai sering berinteraksi dengan orang lain. Interaksi tersebut bisa dengan anak seusianya atau mungkin dengan orang yang usia nya jauh di atasnya. Sebagai orang tua kita pasti ingin membuat anak kita menjadi anak yang ramah dan sopan setiap dia bertemu dengan orang lain.

Tapi yang perlu orang tua ketahui,  anak di usia ini mempunyai emosi yang tidak stabil. hal-hal kecil seperti berebut mainan atau ejekan kecil dari temannya membuatnya kesal dan tidak mau bermain lagi dengan temannya.

Tindakan tersebut bisa menyebabkan anak menjadi tertutup dengan dunia luar bila tidak cepat di atasi. Mendidik anak memang tidak mudah, anak mempunyai sifat egois yang terkadang susah di kendalikan oleh orang tua. Di moment seperti ini orang tua di tuntut bisa sabar dalam mendidik anak.  Ada beberapa cara yang ampuh untuk mendidik anak agar tidak menjadi egois dalam pertemanan.

  • Mengajarkan tentang berbagi.

Dengan cara ini membuat anak mulai bisa tolerir dengan keadaan sekitar. Mengajarkannya juga cukup mudah kok, dalam hal makanan misalnya kamu bisa mengajarkan dia untuk membagi temannya di sekolah.

  • Belajar untuk memafkan.

Memberikan maaf memang lebih sulit dibandingkan dengan memaafkan orang. Kamu bisa mencontohkannya dengan dia langsung kalau dia melakukan kesalahan.

  • Berikan aspresiasi untuk tindakan baik

Cobalah memberikan anak aspresasi walau hanya sekedar pujian, itu akan membuat anak merasa lebih di hargai akan tindakan baiknya.
Memang tidak ada acuan dalam mendidik anak, tapi 3 point di atas merupakan faktor utama dari anak tersebut. Selebihnya tergantung ke kreativitas kamu dalam mendidik anak.