5 Hal Yang Bikin Kuliah Di Luar Negeri Menyenangkan

Saat ini, kuliah di luar negeri bukanlah mimpi di siang bolong lagi. Eropa, Amerika, Jepang, hingga negeri jiran seperti Singapura dan Malaysia kini jadi tujuan empuk untuk melanjutkan studi. Ditambah lagi dengan suksesnya buku dan film seperti tetralogi Laskar Pelangi dan 99 Cahaya di Langit Eropa, makin banyaklah pemuda-pemudi Indonesia yang bercita-cita melanglang buana demi gelar S-1 atau S-2.

Tapi, apa saja sebenarnya manfaat yang akan kamu rasakan dengan bersekolah di luar negeri? Apa saja hal yang tak bisa kamu dapatkan jika berkuliah atau tetap tinggal di negeri sendiri? Simak ulasan Alumagada berikut, agar kamu tak perlu ragu lagi untuk memiliki cita-cita kuliah di luar negeri.

1. Tempat Untuk Mengembangkan Diri lebih Baik

Pengembangan SDM menjadi salah satu alasan mengapa pemerintah mengirimkan ratusan orang untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Ditambah bertahan hidup sebagai mahasiswa di luar negeri jauh lebih sulit dibandingkan di Indonesia. Ketika merantau di negeri orang, kita tidak bisa mengandalkan keluarga di rumah untuk mengirim transferan tambahan saat kamu kehabisan uang. Karena itu, jangan heran jika mahasiswa Indonesia yang merantau ke luar negeri biasanya bergaya hidup sangat sederhana.

Uang kiriman atau beasiswa yang mereka terima harus dihemat agar bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Jika butuh dana tambahan, mereka harus mencari uang sendiri, misalnya saja dengan part time, menjadi teaching assistant, bahkan membuka katering kecil-kecilan untuk sesama perantau asal Indonesia.

2. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Asing 2x lebih cepat

Ketika kamu merantau di luar negeri, kamu akan berkesempatan mempraktikkan langsung bahasa asing yang selama ini sudah kamu pelajari. Jika kamu pergi ke negeri yang berbahasa Inggris atau negeri yang penduduknya mengerti bahasa Inggris dengan baik (misalnya Belanda dan Skandinavia), kemampuan bahasa Inggrismulah yang akan dilatih.

Sebaliknya, jika kamu pergi merantau ke negeri yang tidak berbahasa Inggris, misalnya saja Prancis atau Jepang,  kamu akan belajar lebih banyak tentang bahasa asli mereka, dan lambat laun menguasai secara baik bahasa yang mereka tuturkan.

3. Memahami Kebudayaan Dan Sumber Daya Manusianya

Pernah mendengar bahwa sumber daya manusia diluar indonesia itu handal-handal? Pengembangan SDM di negara maju memang jauh berbeda dari negara-negara berkembang. Kamu akan segera bisa memahami budaya masyarakat setempat seperti bagaimana kebiasaan mereka menyapa tetangga, cara berpakaian, cara makan, cara bersenda gurau, dan budaya sosial di keseharian lainnya.

Tak hanya itu, kamu pun akan berkesempatan untuk mencicipi hidangan khas negeri setempat yang membuatnya berbeda dengan negara lain di dunia. Pengalaman semacam ini tentunya tak bisa kamu dapatkan jika kamu tak mencicipi rasanya bersekolah di luar negeri. Akan lain juga rasanya jika kamu hanya membaca buku atau menonton film tentang suatu negara dibandingkan jika kamu datang langsung dan tinggal di negara tersebut.

4. Destinasi Baru di Negara Yang Seru-seru

Ini nih yang tidak bisa dilewatan oleh para mahasiswa atau pelajar. Kala libur panjang tiba, alasan bagi kamu untuk wajib mencoba bersekolah di luar negeri adalah mengambil kesempatan untuk traveling ke berbagai tempat yang tak pernah ada di negerimu. Hal ini bisa kamu lakukan setiap minggu atau saat libur panjang.

Tak hanya mengelilingi negeri tempat kamu belajar, kamu juga bisa mengunjungi negeri tetangganya untuk berjalan-jalan dan menikmati aneka kebudayaan yang beraneka ragam. Misalnya kamu bersekolah di Prancis, maka kamu bisa mengunjungi negara yang berdekatan seperti Belanda, Italia, Spanyol, sampai Ceko dan Polandia — tanpa harus membayar visa tambahan! Bisakah kamu bayangkan serunya jalan-jalan di banyak negeri tersebut?

5. Menjaga persatuan dan kesatuan

Di negeri tempatmu studi nanti, tentu kamu akan bertemu sesama pelajar Indonesia lewat Persatuan Pelajar Indonesia (PPI). Mereka bukanlah mahasiswa sembarangan. Banyak dari mereka yang memiliki latar belakang berprestasi. Jangan heran bila di PPI kamu bertemu mantan ketua BEM, aktivis dan dosen muda, sampai wartawan, dokter, dan calon ahli hukum.

Mengenal mereka secara personal akan semakin melecutkan semangatmu untuk menjadi pribadi yang sama menginspirasinya. Tak hanya itu, begitu kamu dan mereka sama-sama sudah kembali ke Indonesia, kalian juga bisa mencanangkan berbagai proyek bersama demi kemajuan negeri sendiri. Bekerja sama jadi lebih nyaman karena kalian sudah saling mengenal ketika tinggal di luar negeri.