Kenali 3 Jenis Flow Meter Yang Lazim Di Pasaran Indonesia

Pasar industri di Indonesia setiap tahunnya mengalami kenaikan yang signifikan, terutama untuk sektor industri rumahan atau Home Industri. Berbagai macam produk kreatif dari sektor ini menjadi salah satu target pemerintah untuk mendatangkan devisa bagi negara dari export-import.

Untuk mendukung terus tumbuhnya Industri kreatif ini, pemerintah terus mengupayakan tersedianya berbagai macam perlengkapan dan aksesoris yang bisa mendukung berjalannya roda produksi secara continue. Salah satu perlengkapan yang diupayakan pemerintah salah satunya adalah tersedianya bahan bakar dan air. Dan aksesoris yang mendukung pengukuran laju alir kedua bahan tersebut adalah Flow Meter.

Baca Juga Cara Membaca Flow Meter

Peredaran flow meter di Indonesia didominasi oleh merek-merek yang memang sudah memiliki kredibilitas di bidangnya. Sebut saja seperti Tokico Flow Meter, Fill Rite Flow Meter, Westechaus Water Meter dan Liquid Control Flow Meter. Nah pada artikel berikut ini kami akan membahas 3 Jenis Flow Meter yang lazim ditemukan di pasar indonesia dari beberapa merek diatas, lengkap dengan kelebihan dari tiap-tiap flow meternya.

Mechanical Flow Meter

Mechanical Flow meter adalah jenis flow meter yang paling sering ditemukan di Industri, baik dalam skala besar maupun skala rumahan. Mechanical flow meter memiliki fungsi membaca dengan bantuan grigi dan mechanical shear yang difungsikan oleh pergerakan fluida.

Flow meter jenis ini memiliki ciri fisik yang mudah dikenali, berupa angka-angka yang mirip speedometer pada kendaraan.

Positive Displacement Flow Meter

Mungkin anda tidak asing dengan istilah positive displacement ini, karena flow meter jenis ini merupakan flow meter yang cara kerjanya sederhana namun banyak digunakan oleh peralatan industri kelas rumahan.

Secara umum konsep positive displacement flow meter adalah menggunakan tekanan yang diberikan oleh fluida ketika menyentuh sensor penggerak jarum flow meter. Jarum ini yang nantinya akan menentukan tekanan dan laju arus dari fluida yang dipindahkan dalam sebuah alat.

Magnetic Flow Meter

Berbeda dengan flow meter yang satu ini, secara prinsip kerja memang flow meter magnetic memanfaatkan prinsip flux elektrik pada fluida untuk menggerakan pembacaan laju alir fluidanya.

Semakin mudah konduktivitas pada flux magneticnya, semakin mudah juga pembacaan laju alir pada flow meter magnetic ini.

Tiga jenis flow meter diatas merupakan flow meter yang paling umum ditemukan di Indonesia. Terkait harga jual masing-masing flow meter ditentukan berdasarkan jenis dan fungsinya serta sistem yang dipakai. Sangat memungkinkan magnetic flow meter memiliki harga yang jauh lebih tinggi harganya dari pada kedua jenis flow meter diatas.

Untuk menentukan mana yang cocok dengan alat industri rumahan, ada baiknya konsultasikan dengan engineer yang berpengalaman terhadap perancangan alat anda. Selamat merancang dan semoga sukses dengan industri rumahan anda.