Bagaimana Kondisi Ideal Dalam Memilih Flow Meter yang Sesuai?

Bagi mereka yang berkecimpung dalam bisnis industri, seperti industri kimia, industri pengolah limbah, industri pembangkit listrik dan kilang minyak, biasanya membutuhkan sumber daya manusia dan teknologi yang memadai untuk bisa menjalankan pekerjaan yang bersifat khusus dan tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Hal ini sangat berkaitan erat dengan dampak yang bisa ditimbulkan apabila terjadi kesalahan ataupun kerusakan yang terjadi.

Mereka yang secara khusus dipekerjakan dalam industri proses haruslah memiliki pengalaman dan pengetahuan yang memadai, baik secara teori ataupun praktek di lapangan karena harus menentukan kuantitas pengukuran suatu fluida secara tepat (liquid, gas, steam & powder) yang akan mengalir. Parameter yang biasanya digunakan adalah laju aliran volume, laju aliran massa dan kecepatan aliran. Alat yang digunakan untuk mengukur aliran suatu zat disebut dengan flow meter.

Jika Anda masih belum mengetahui secara jelas bagaimana memilih penggunaan flow meter dalam pengaplikasiannya, silahkan simak baik-baik pertanyaan di bawah ini.

1. Jenis Cairan Seperti Apa yang Akan Diukur?

Seperti yang dikatakan di atas, bahwa flow meter adalah alat untuk mengukur aliran suat suatu zat. Bisa berupa cair, padat, gas, dll. Jadi Anda memilih flow meter untuk digunakan dalam pengukuran zat apa? cairkah? padatkah? atau gas? Jika Anda sudah tahu apa yang mau diukur, mari lanjut ke pertanyaan selanjutnya.

2. Bagaimana Pengukuran yang Akan Dilakukan?

Pastikan mengenai pengukuran yang akan dilakukan, apakah hanya pada jumlah aliran atau total fluid yang mengalir saja? atau mungkin keduanya?

3. Jika Berupa Zat Cair, Apakah Cairannya Bersih atau Kotor?

Penggunaan flow meter juga dibedakan dari zat yang akan mengalir, jika bersih Anda berarti Anda tidak memerlukan perlengkapan lainnya, tapi jika Anda ingin mengukur jumlah aliran yang mengalir pada cairan kotor, Anda harus memilih jenis flow meter yang tepat.

4. Berapa Jumlah Tekanan dan Suhu yang Dibutuhkan?

Flow meter memiliki berbagai macam jenis dan tipe yang berbeda, otomatis jika Anda memerlukan flow meter yang dapat bekerja di bawah tekanan dan suhu yang ekstrim, pastikan bahwa flow meter yang dibeli memang dikhususkan untuk keadaan itu, kecuali jika flow meter yang Anda butuhkan adalah jenis standard, itu tidak akan jadi masalah mau memilih jenis dan model flow meter apapun.

5. Pertimbangkan Ukuran Pipa & Hal Lainnya

Ada beberapa hal yang musti ada pertimbangkan, salah satunya adalah ukuran pipa yang akan digunakan sebagai jalur aliran. Apakah sudah sesuai dengan flow meter atau tidak. Pastikan Anda mempertimbangkan hal-hal lain dengan cermat agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih nantinya.

Itulah beberapa yang bisa digunakan dalam memilih flow meter yang ideal untuk kebutuhan Anda. Jika Anda mencari produk flow meter ataupun pompa air, kami adalah distributor graco Indonesia dan flow meter dengan harga terjangkau yang bisa membantu Anda.