Tips Sederhana Membersihkan Gorden Rumah

Seringkali saat kita membersihkan seluruh isi rumah, gorden menjadi bagian yang terlupakan atau sengaja tidak dibersihkan karena menganggapnya tidak begitu perlu. Padahal, untuk menjaga keindahan rumah semua komponen interior hingga perabotan rumah haruslah dijaga sebaik mungkin.

Disarankan untuk bisa membersihkan gorden rumah minimal 2 bulan sekali agar tidak adanya debu dan kotoran yang bisa merusak warna gorden. Apabila kotoran sudah menumpuk, maka akan sangat sulit untuk menghilangkannya dan membuat Anda harus 2 kali ekstra mencuci untuk bisa membersihkannya agar bisa kembali seperti semula.

Mencuci gorden juga tidak bisa sembarang karena bisa merusak bahan gorden itu sendiri, oleh karena itu sebaiknya ikuti beberapa langkah berikut ini bila Anda ingin membersihkan gorden di rumah.

1. Membersihkan Dengan Cara Manual atau Menggunakan Mesin Cuci

mesin cuci untuk mencuci gorden

Pada dasarnya, cara ini sama seperti saat anda mencuci pakaian di mana harus melalui proses perendaman terlebih dahulu, lalu baru bisa menyikatnya hingga bersih. Carilah ember yang memiliki ukuran cukup besar untuk bisa menampung gorden yang akan dibersihkan. Lalu isi dengan air hingga penuh sehingga seluruh permukaan gorden terendam dengan air dan larutkan dengan detergen lalu diamkan selama 1 jam hingga kotoran dan debu benar-benar telah hilang.

Jika sudah benar-benar bersih, Anda sudah bisa mulai untuk mencucinya dengan tangan. Kemudian bilas hingga bersih menggunakan pewangi. Hal yang perlu diperhatikan adalah seberapa kuat bahan gorden tersebut, jika terlalu tipis, sebaiknya jangan menyikat terlalu kuat karena bisa membuat gorden berlubang.

Anda juga bisa menggunakan mesin cuci apabila ingin lebih praktis lagi, namun ingat jangan mencampur gorden dengan cucian pakaian lainnya. Setelah selesai,  Anda sudah bisa langsung mengangkat dan mengeringkan gorden di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung untuk mempercepat proses pengeringan.

2.  Gunakan Jasa Laundry

gunakan jasa laundry untuk gorden Anda

Cara ini sangat tepat bagi Anda yang memang memiliki sedikit waktu karena kesibukan dan aktivitas yang padat. Dengan membawa gorden dan cucian lainnya ke tempat laundry, Anda bisa meminimalisir kerusakan yang mungkin terjadi. Anda pun juga lebih hemat waktu dan bisa fokus pada hal-hal yang harus dilakukan. Tidak hanya itu saja, apabila Anda menghubungi jasa cuci sofa jakarta yang memiliki layanan lengkap, Anda juga bisa mencuci berbagai perabotan rumah tangga seperti springbed, karpet, gorden, dll.

Semoga tips di atas bisa bermanfaat untuk para pembaca. Ingat selalu untuk membersihkan rumah secara rutin akan turut menjaga kesehatan Anda dan keluarga. Jadi jangan malas bersih-bersih rumah ya!