Bisakah Mencuci Pakaian Tanpa Menggunakan Deterjen atau Sabun Cuci? Ini Dia Jawabannya

Hampir kebanyakan ibu rumah tangga pasti menggunakan deterjen ataupun sabun cuci untuk membantu membersihkan noda-noda membandel yang menempel pada pakaian. Pakaian yang selalu terjaga kebersihannya tentu akan menunjang penampilan seseorang dan membuatnya semakin percaya diri.

Dengan beredarnya berbagai macam deterjen ataupun sabun cuci yang ada di pasaran saat ini, seorang ibu rumah tangga bisa memilih mana bahan yang tepat dan sesuai untuk mempermudah aktivitas mencucinya di rumah.

Walaupun semua deterjen dan sabun cuci sudah memiliki reputasi yang baik, akan tetapi tetap waspada terhadap produk palsu juga harus dipertimbangkan. Biasakan untuk selalu memeriksa penandaan nama dagang, isi / netto, nama bahan aktif, nama dan alamat pabrik, nomor ijin edar, nomor kode produksi, kegunaan dan petunjuk penggunaan, juga tanda peringatan serta cara penanggulangan bila terjadi kecelakaan pada kemasan deterjen ataupun sabun cuci yang dibeli untuk memastikan bahwa Anda telah membeli produk yang asli.

deterjen

Pada awal mulanya nama deterjen dikenal sebagai pembersih pakaian, namun kini meluas dalam bentuk produk-produk seperti:

  1. Personal cleaning product merupakan produk pembersih diri sendiri yang bisa digunakan sehari-hari seperti sampo, sabun cuci tangan, dll.
  2. Laundry merupakan produk untuk mencuci pakaian, produk deterjen ini menjadi produk yang paling populer di masyarakat kita.
  3. Dishwashing product merupakan produk untuk membersihkan berbagai alat-alat rumah tangga.
  4. Household cleaner merupakan produk pembersih rumah seperti pembersih lantai, pembersih bahan-bahan porselen, plastik, metal, gelas, dll.

Perlu diketaui juga, bahwa deterjen memiliki dampak negative bagi kesehatan dan lingkungan jika terlalu sering digunakan karena komposisi bahan kimia yang terkandung di dalamnya.­ Dampak buruk bagi kesehatan manusia diantaranya seperti, membuat kulit menjadi kasar, dapat menghilangkan kelembapan alami kulit, dan bisa juga menjadi racun mematikan yang tidak bisa diurai oleh mikroorganisme dan menyebabkan masalah pada biota air, apalagi bila sampai terkonsumsi oleh makhluk hidup bisa dipastikan dampak negatif yang ditimbulkan akan berbahaya.

Oleh karena itu sebaiknya konsumen menggunakan takaran khusus untuk deterjen dan produsen menyediakan alat takar tersebut di dalam kemasan produknya.

Lalu Adakah Pengganti Deterjen atau Sabun Cuci untuk Mencuci Pakaian Hingga Bersih?

penggunaan lerak sebagai pegganti deterjen dan sabun cuci

Jawabannya “Ada”.

Mungkin namanya begitu asing saat Anda mendengarnya, tapi bagi orang-orang zaman dahulu, penggunaan lerak sebagai pembersih pakaian sudah terbukti dan dinilai lebih aman karena bersifat alami tanpa adanya bahan kimia berbahaya.

Bahkan hingga saat ini masih ada yang menggunakan lerak untuk mencuci berbagai jenis pakaian, salah satunya adalah batik agar warnya tidak mudah pudar.

Untuk mendapatkan buah ini tidaklah sulit, Anda bisa menemukannya di berbagai pasar tradisional yang ada di sekitar rumah Anda. Bahkan membelinya via online juga bisa.

Nantikan update artikel selanjutnya dari jasa cuci sofa Jakarta yang pastinya akan membantu kamu untuk melakukan aktivitas pekerjaan rumah menjadi lebih mudah.