struktur-silinder-pneumatic-indonesia

Mengenal Jenis-Jenis Pneumatic Indonesia

Beberapa beranggapan bahwa pneumatc sama dengan hidraulik, apakah benar?

Banyak yang beranggapan bahwa pneumatic sama dengan hidraulik, apakah ini benar? Yup kita mengenal pneumatic di Indonesia dengan istilah hidraulic atau hidrolik. Hany bedanya jika hidrolik menggunakan tenaga cairan untuk memindahkan beban, maka pneumatic indonesia menggunakan udara. Ya, hanya udara tanpa cairan. Baca baik baik artikel berikut ini untuk mengetahui lebih jelas tentang pneumatic indonesia.

Memahami Konsep Pneumatic Indonesia

Mengenal kinerja dari pneumatic, kita harus mengetahui skema dari alat ini. Mari kita perhatikan gambar berikut untuk lebih mengenalnya, cekidot gan.

struktur-silinder-pneumatic-indonesia

Sebuah silinder pneumatic terdiri dari batang piston yang akan memberikan daya dorong. Batang inilah yang akan berfunsi sebagai tangan pada proses, kadang tangan ini digunakan untuk menggerakan tuas atau panel, namun fungsinya bisa saja lebih variatif.

Piston akan menjaga pergerakan tetap halus, oleh sebab itu pada area piston akan diberikan pelumas berupa minyak atau oli agar mengurangi faktor friksi pada saat pengoperasian. Bagian cap end port ini lah yang berfungsi mengalirkan udara kedalam tabung silinder piston dan memberikan gaya tekan kepada kepada piston.

Jenis Jenis Pneumatic Indonesia

Walau bentuknya hampir mirip, ternyata banyak jenis pneumatic indonesia yang bisa kalian temui dalam sebuah alat proses. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Flanged Pneumatic – Pneumatic jenis ini memiliki fix flange pada bagian ujungnya.
  2. Tie Rod Cylinder – Jenis pneumatic ini yang paling sering ditemukan di industri secara umum.
  3. Treaded End Cylinder – Jenis pneumatic ini ujungnya tertanam pada bagian tubenya.
  4. One-piece welded cylinder – Jenis pneumatic ini pada bagian akhirnya mengalami pengelasan untuk memperkuat bagian akhir.

Applikasi Pneumatic di Indonesia

Dimana kita bisa menemukan applikasi terbanyak untuk sistem pneumatic ini di indonesia bahkan dunia? Tentunya pada industri yang sudah mengedepankan teknologi otomatis atau automation industry. Perangkat pneumatic bisa kita temukan pada bagian pengemasan atau bahkan bagian yang membutuhkan duplikasi secara cepat tanpa bantuan tangan manusia. Sebut saja industri fabrikasi mesin, bodi mobil dan bahkan hingga ke pengemasan minuman serta makanan.