Tips Mencegah Obesitas Pada Anak

Siapa yang tidak ingin memiliki anak yang gemuk, lucu dan menggemaskan? Namun waspadalah apabila anak Bunda mengalami obesitas. Selain dapat mengganggu proses pertumbuhan, obesitas pada anak juga dapat menyebabkan beberapa penyakit yang membahayakan keselamatan si kecil.

Penyakit-penyakit tersebut meliputi, darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes tipe 2, masalah pada pernapasan, dan penyakit berbahaya lainnya. Salah satu cara efektif untuk mencegah terjadinya obesitas pada anak yaitu dengan penyeimbangan kalori. Oleh sebab itu, simaklah informasi berikut ini yang akan mengulas manfaat penyeimbangan kalori agar si kecil mendapatkan berat badan sehat, versi cdc.gov:

  1. Membantu anak memiliki kebiasaan makan sehat

Menyeimbangkan kalori yang terdapat pada makan anak dapat mengontrol nutrisi dan kalori yang dibutuhkan tubuh. Caranya yaitu dengan menyediakan makanan sehat yang seimbang atau yang biasa dikenal dengan 4 sehat 5 sempurna. Kurangi konsumsi minuman yang mengandung pemanis buatan.

  1. Membantu anak selalu aktif

Salah satu cara untuk menyeimbangkan kalori adalah dengan melakukan aktivitas fisik dan menghindari aktivitas terlalu banyak duduk. Dengan melakukan aktivitas fisik seperti bermain sepak bola, lompat tali, berenang, bersepeda secara rutin dapat memberikan berbagai manfaat, dari mulai meluruskan tulang, menurunkan tekanan darah, mengurangi stress, meningkatkan kepercayaan diri dan pastinya membantu pengaturan berat badan.

Sebaliknya aktivitas yang terlalu banyak duduk seperti bermain video games, computer, i-pad, dan menonton tv harus dikurangi. Bahkan, American Academi Pediatrics (APP) menganjurkan anak berusia 2 tahun ke bawah untuk tidak melakukan kegiatan seperti menonton tv, bermain video games atau pun internet.