Berawal dari Sakit Hati, Inilah Kisah Dibalik Suksesnya Lamborghini

Jika kita diminta untuk menyebutkan merk mobil apa saja yang paling mahal dan paling keren, mungkin nama Lamborghini tidak akan terlewatkan. Lamborghini merupakan salah satu mobil yang paling paling banyak penggemarnya, hal itu dikarenakan Lamborghini memang memiliki banyak kelebihan dibanding mobil – mobil lain pada umumnya. Namun, tidak semua orang mengetahui sejarah Lamborghini. Oleh karena itu, sejarah Lamborghini yang terkenal akan dibahas dalam tulisan ini.

Awal berdirinya Lamborghini

Mungkin banyak dari kita yang belum tahu bahwa sejarah berdirinya Lamborghini berhubungan erat dengan salah satu kompitetornya, Ferrari. Yup! Enzo Ferrari pernah melontarkan sebuah komentar bernada miring kepada Ferrucio Lamborghini, pendiri perusahaan Lamborghini, ketika dia mengajukan protes terkait masalah yang terjadi pada mobil Ferrari miliknya. Berikut kronologi lengkap berdirinya Lamborgini:

Perusahaan Traktor Lamborghini

Sejarah Lamborghini dimulai dari sebuah perusahaan traktor yang didirikan oleh Ferrucio Lamborghini pada tahun 1947. Pada saat itu, perusahaan traktor Lamborghini berkembang pesat dan membuat Ferrucio kaya raya. Ferrucio yang sudah menjadi orang kaya akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah mobil Ferrari, salah satu merk mobil terbaik dan termahal di dunia.

Dengan uangnya yang sangat banyak, Ferrucio Lamborghini membeli sebuah mobil Ferrari. Mobil Ferrari yang dibelinya kala itu adalah Ferrari 250 GT, salah satu mobil Ferrari terbaik kala itu. Sayangnya, terjadi masalah pada kopling mobil Ferrarinya. Untuk mengatasi masalah pada mobil tersebut, Ferrucio menemui Enzo Ferrari secara langsung. Ketika itu, Ferrucio ingin meminta saran dari Enzo Ferrari untuk mengatasi masalah pada mobilnya.

Sayangnya, Enzo Ferrari justru merespon negatif keinginan Ferrucio tersebut. Bukannya memberikan saran, Enzo justru menyalahkan Ferrucio atas masalah yang terjadi pada mobil tersebut. Enzo mengatakan bahwa masalahnya bukan pada mobil, tapi pada pengendaranya. Bukan hanya itu, Enzo juga mengatakan bahwa Ferrucio lebih baik mengurus traktor saja.

Telinga Ferrucio langsung panas mendengar kalimat tajam yang dilontarkan oleh Enzo, Ferrucio yang sakit hati akhirnya bersumpah untuk membuat sebuah mobil yang dapat menyaingi Ferrari suatu saat nanti.

Pembuktian Ferrucio Lamborghini

Ferrucio Lamboghini membuktikan sumpahnya dengan meciptakan sebuah mobil GT yang diberi nama Lamborghini 350GT, mobil pertama keluaran Lamborghini yang diperkenalkan pada tahun 1963. Dan benar saja, Lamborghini 350GT mampu menyaingi popularitas Ferrari kala itu.

Persaingan Lamborghini dan Ferrari

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1963, Lamborghini langsung menjadi salah satu saingan berat dari Ferrari. Persaingan tersebut masih berlangsung hingga saat ini, keduanya terus melakukan inovasi – inovasi baru dan terus berusaha untuk menguasai pasar otomotif dunia.

Jika Ferrari melakukan innovasi, maka cepat atau lambat Lamborghini akan merespon dan membuat inovasi baru. Inovasi itu bisa dari segi desain, performa, fitur, dan lain sebagainya. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan jika persaingan antar keduanya justru akan berdampak posistif pada perkembangan dunia otomotif.

Demikianlah penjelasan singkat terkait sejarah Lamborghini yang selalu bersaing dengan Ferrari untuk menjadi penguasa pasar otomotif dunia, semoga kita dapat mengambil pelajaran berharga dari kisah ini. Dapatkan beragam informasi baik tips, cara maupun sejarah dalam dunia otomotif hanya di link ini.