Pertanyaan Untuk Menjawab Kebutuhan Flow Meter Anda

Dalam merencakan proses, tentu kita akan menentukan berbagai macam perlengkapan yang akan dipasang pada proses tersebut. Salah satu alat yang keberadaannya paling penting adalah flow meter, kadang sebuah flow meter menjadi tolak ukur kesempurnaan laju alur dalam sebuah sistem distribusi.

Karena keberadaannya yang penting, tentu menjadi sebuah pertanyaan besar terkait “berapa banyak jumlah flow meter yang harus di pasang dalam sebuah serangkaian proses”. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kita menjawab pertanyaan-pertanyaan dibawah ini, setelah terjawab maka akan jelas seberapa banyak kebutuhan flow meter yang harus dipasang dalam rangkaian PID kita.

Menentukan Jenis dan Jumlah Flow Meter

Untuk Kebutuhan Apa

Pertanyaan penting pertama, untuk kebutuhan apa kita melakukan pemasangan flow meter tersebut? Apakah untuk sekedar sampling point, atau untuk menentukan seberapa banyak return feed yang masuk kembali ke dalam stream?

Menjawab pertanyaan ini bisa membantu kita sebelum repot-repot datang ke distributor flowmeter jakarta untuk memesan jumlah flow meternya.

Bentuk Fluida

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah bentuk fluida yang akan dihadapi oleh flow meter, karena tidak semua flow meter dapat digunakan untuk menangani pembacaan laju alir dengan tepat. Kita harus mengetahui bentuk-bentuk flow meter, termasuk bagaimana mekanisme pembacaan flow meter tadi.

Beberapa flow meter ada yang menggunakan prinsip Positive Displacement untuk pembacaan nya, hal ini berlawanan dengan beberapa sifat fisik fluida yang tidak memiliki positive displacement force.

Ketahanan Flow Meter

Setelah mengetahui jenis fluida yang akan di ukur laju alirnya, pertanyaan selanjutnya apakah efek yang akan ditimbulkan dari fluida tersebut terhadap ketahanan flow meter. Harga Flow Meter menentukan terhadap ketahanan, dan sensivitas.

Pintar-pintar memilih flow meter terhadap data tahannya jauh lebih baik dari pada hanya sekedar mencari flow meter dengan harga murah.

Batch Atau Continue Process

Pertanyaan terakhir yang dapat membantu anda dalam menentukan jumlah dan jenis flow meter adalah terkait proses itu sendiri, apakah akan berlangsung secara batch atau merupakan proses berkesinambungan. \

Sebuah proses batch tidak membutuhkan flow meter dengan sensifitas tinggi, sehingga anda bisa menggunakan flow meter dengan kemampuan sederhana saja, dibandingkan dengan proses kontinyu yang membutuhkan pembacaan yagn sensitif.

Peka terhadap kebutuhan dan jumlah flow meter bisa menentukan pengeluaran yang dibutuhkan untuk membeli atau memperbaiki flow meter anda. Jangan lupa, agar performa flow meter anda tetap terjaga, usahakan selalu lakukan kalibrasi flow meter tiap bulannya.