Partisi Kantor yang Baik, Seperti Apakah ?

Partisi Kantor yang Baik, Seperti Apakah ?

Partisi kantor biasanya digunakan sebagai pembatas antara ruangan 1 ke ruangan lain. Selain untuk pembatas ruangan, partisi kantor digunakan sebagai aksen aksen dekoratif untuk memperindah interior seperti backdrop yang membuat kesan ruangan lebih hidup dan kesan ruangan yang kosong dan tanpa pernak pernik dapat diatasi berkat backdrop ini. Selain itu, partisi kantor bisa juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan.

Partisi dengan ketebalan tertentu dapat di berikan cerukan terbuka atau cerukan yang seperti pintu sehingga mirip dengan bufet atau lemari yang memiliki desain 2 muka sehingga ruangan di depan atau dibelakangnya terlihat menarik. Berbeda dengan dinding walaupun dinding juga bisa dijadikan pembatas antar ruangan/partisi kantor, tetapi dinding memiliki sifat yang permanen tidak bisa dipindahkan. Maka dari itu di jama sekarang hadirlah partisi kantor yang terbuat dari bahan kayu, kaca, rotan, kain panel, bambu, alumunium, dll. Berikut ini saya jelaskan jenis jenis dari partisi kantor.

1. Masif
Partisi kantor dengan material yang kokoh dan tidak tembus pandang. Biasanya digunakan untuk mempartisi ruangan yang bersifat privasi.

2. Semi transparan
Memiliki desain yang hampir transparan tetapi agak tertutup dengan pemakaian material yang solid dan transparan seperti fiber atau kaca.

3. Transparan
Pembatas ruangan antara ruangan 1 dan ruangan lain tetapi masih dapat melihat kegiatan satu sama lain antar ruangan. Biasanya menggunakan material kaca.

Kegunaan utama dari partisi kantor adalah sebagai pembatas ruangan yang luas yang dibuat untuk sekat sekat ruangan kerja pegawai yang berbeda divisi/jabatan misalnya.kalau anda memiliki kantor dan ada ruangan lega yang kosong pasti anda berusaha untuk mecari bahan untuk mempartisi ruangan anda. Dan pastinya anda kebingungan untuk memilihnya. Nah berikut ini saya akan memberikan tips cara memilih partisi kantor yang baik.

1) Memperkirakan biaya
Yang pertama anda harus memperkirakan biaya. Jangan hanya biaya untuk material biaya kantornya tetapi harus di pikirkan biaya tak terduga juga misalnya biaya pengiriman, pemasangan, aksesoris (rak, laci, stop kontak, panel), dan biaya lain. Dan juga harus memilih bahan yang bagus dan awet tahan lama.

2) Memperkirakan rencana bisnis dimasa depan
Pastinya anda berfikir untuk memperluas kantor, pindah kantor ke yang lebih baik, perubahan struktur organisasi, dan juga operasional dapat merubah tata letak partisi kantor. Jadi anda harus mendesain partisi kantor yang bisa diubah dikemudian hari tanpa merusak benda lain seperti dinding, lantai, dll.

3) Memikirkan ergonomi dengan baik
Pastinya setiap karyawan memiliki sifat emosional masing masing jadi pastinya anda harus mendesain partisi kantor yang nyaman dan fleksibel agar karyawan gampang terbiasa dengan keadaan yang sudah di partisi kantor.