Keunggulan Laboratorium Multimedia dan Peralatan di Dalamnya

Saat ini, keberadaan laboratorium multimedia di berbagai sekolah baik sekolah menengah ataupun sekolah akhir seolah menjadi hal yang penting fungsinya. Hal ini karena banyak topik pembahasan dalam mata pelajaran yang membutuhkan dukungan dari laboratorium ini. Dengan adanya ruangan multimedia, maka materi yang tidak bisa dipaparkan kepada murid dengan tatap muka bisa dilangsungkan di ruangan multimedia. Perkembangan teknologi juga memiliki peran penting terhadap perkembangan ruang multimedia yang saat ini banyak terdapat di sekolah. Secara singkat, ruang multimedia bisa digambarkan sebagai ruangan yang di dalamnya terdapat berbagai perangkat seperti audio visual yang saling terhubung serta didukung oleh aplikasi pengembang lain sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa dan sekolah.

laboratorium multimedia

Ada beberapa fungsi atau kegiatan yang dilakukan di laboratorium multimedia. Salah satu contoh kegiatan adalah praktikum animasi. Biasanya praktikum animasi dilakukan oleh sekolah kejuruan. Fungsi lain adalah praktikum audio visual dan praktikum presentasi. Pemanfaatan ruang multimedia sebagai pembelajaran presentasi sudah banyak diterapkan oleh sekolah menengah atas dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan kreatifitas dalam menyajikan tema presentasi. Selain itu, ada beberapa keunggulan yang bisa disajikan dengan andanya ruang multimedia, diantaranya adalah:

  • Materi yang disampaikan lebih jelas

Kejelasan materi yang disampaikan oleh guru tentu sangat mempengaruhi pemahaman siswa terhadap sebuah hal. Ruang multimedia bisa menjadi media pendukung yang bagus dalam menyampaikan materi. Guru bisa menyajikan materi yang mungkin tidak bisa digambarkan dalam bab tertentu, misalnya tentang pasar modal. Dengan adanya ruang multimedia, penjelasan bisa lebih dipahami karena didukung dengan gambar maupun video yang terkait materi.

  • Tidak membosankan

Bagi sebagian siswa, pembelajaran di kelas adalah hal yang membosankan. Dengan adanya ruang multimedia, mereka bisa lebih tertarik untuk memahami sebuah pelajaran.

  • Efisiensi waktu

Efisiensi waktu adalah keunggulan lain yang ditawarkan oleh ruang multimedia. Hal ini karena dalam ruang multimedia disediakan satu komputer untuk satu orang yang saling terintegrasi satu sama lain sehingga guru hanya perlu menjelaskan materi pada komputer yang ditayangkan pada layar proyektor di laboratorium multimedia.

Untuk mendukung fungsi dari ruang multimedia, juga harus didukung dengan fasilitas yang ada. Adapun fasilitas ruang multimedia pada umumnya terdiri dari komputer server, komputer client, headset dan microphone, meja, webcam, stavolt, AC atau air conditioner sebagai pendingin ruangan, serta Windows/Linux sebagai Open Source dalam laboratorium multimedia tersebut. Adapun penataan ruangan juga harus diperhatikan agar ketika siswa sedang melakukan aktivitas pembelajaran di laboratorium, kenyamanan kegiatan belajar mengajar juga tetap bisa terkondisikan. Demikian sedikit informasi mengenai fungsi serta perlengkapan yang harus ada dalam ruangan multimedia. Semakin lengkap peralatan dalam sebuah ruangan multimedia, maka perawatan peralatan juga harus semakin diperhatikan secara ekstra agar tidak cepat usang dan rusak.