Kelebihan Bor Pneumatic Dibanding Bor Listrik

Bor pneumatik, hmm apakah anda baru mendengarnya? Jika memang begitu, maka anda tepat datang ke artikel ini. Biasanya kita akan menemukan bor berbentuk elektrik atau bor yang bertenaga listrik. Bor Pneumatic dikenal sebagai bor yang mendapatkan tenaga dari udara bertekanan tinggi. Bor ini cukup populer di swiss dan jerman, dan menjadi pilihan para profesional yang melakukan pekerjaan pengeboran konstan, karena bor jenis ini memiliki efisiensi tinggi dengan biaya operasional yang relatif rendah untuk mengoperasiandan pemeliharaan.

bor-pneumatic

Mungkin anda belum tau Beda Antara Sistem Pneumatic dan Hidrolik, yuk cari tahu!

Lalu apa keunggulan bor ini dibanding bor bertenaga listrik?

Karena dioperasikan hanya dengan udara terkompresi, bor ini memiliki beberapa keunggulan antara lain :

Massa bor ini lebih ringan daripada yang bertenaga listrik

Bor pneumatic lebih ringan karena memiliki komponen yang lebih sedikit dibandingkan bor listrik. Sebagian besar berat bor listrik berasal dari motor DC yang berat. Motor DC pada bor listrik dirancang untuk menghasilkan kecepatan tinggi dan torsi yang besar. Sedangkan pada bor pneumatic, hanya dibutuhkan cilinder, kepala bor dan badan/casing.

Produktivitas lebih tinggi dari bor listrik

DIkarenakan lebih ringan dari bor listrik, membuat pekerja tidak mudah lelah mengoperasikan bor pneumatic ini.

Kurang biaya untuk mengoperasikan

Sebuah bor pneumatik jelas tidak menggunakan listrik. Meskipun secara teknis, listrik (atau gas) masih diperlukan untuk mengoperasikan kompresor yang berjalan, namun biaya menjadi lebih sedikit karena kompresor hanya menggunakan semburan energi untuk mengisi udara tekan.

Biaya perawatan/maintenance yang lebih sedikit

Karena memiliki komponen yang lebih sedikit, ada kemungkinan lebih sedikit kebutuhan maintenance bor pneumatic ini. Sedangkan untuk bor listrik, karena menggunakan motor bertenaga listrik, pada satu titik pasti membutuhkan servis untuk mengembalikan tenaga dan torsinya. Sedangkan untuk bor pneumatic, cukup jangan lupa minyaki saja silinder pistonnya.

Kunjungi tempat yang jual pneumatic hydraulic di Indonesia.