Apa itu digital agency?

Digital Agency apakah kata-kata tersebut masih terasa asing buat Anda? Sepertinya tidak hanya Anda, tapi ada juga beberapa orang yang masih merasa asing dengan kata-kata tersebut. Pengalaman penulis banyak menemukan orang yang masih bertanya-tanya apa sih Digital Agency? Terus kegiatannya ngapain aja? Apa kelebihan digital agency di bandingkan agency pada umumnya ? dan pertanyaan lain yang kadang membuat penulis bingung mau menjawabnya bagaimana. Karena kalau sudah di jelasin pun mereka masih suka banyak pertanyaan. Dari pada banyak nanya lebih baik simak artikel berikut ini.

Digital Agency adalah sebuah perusahaan yang melayani proses pemasaran produk barang atau jasa melalui media digital.

Media digital yang di gunakan berupa website, aplikasi, sosial media, search engine, dan lainnya. Biasanya proses layanan ini dilakukan dengan cara ada seorang klien yang ingin melakukan digital marketing dan Digital agency tersebut yang bertugas menjalankan pemasarannya dengan memanfaatkan berbagai media digital. Saat ini digital agency dinilai lebih efektif di bandingkan advertising agency yang masih hanya sebatas melakukan pemasaran secara membuat media cetak atau media elektronik. Karena, dengan melakukan pemasaran melalui media digital agency banyak memberikan kelebihan, yaitu:

  1. Digital Agency memberikan informasi yang terukur

Kelebihan utama digital agency di bandingkan agency yang konvesional adalah dapat memberikan informasi yang terukur. Misalnya sejauh mana keefektivitasan kegiatan pemasaran berhasil dalam menjalankan strategi marketingnya. Dengan memanfaatkan tools digital yang selalu up to date dan melakukan report untuk memantaunya. Sehingga jika ada sesuatu yang kurang dalam strateginya bisa diketahui dan diperbaiki lagi.

  1. Konsumen mendapatkan informasi yang detail dan dapat berinteraksi secara online

Dengan pemasaran melalui media digital seperti yang dilakukan oleh digital agency, konsumen dapat mendapatkan informasi mengenai sebuah produk barang atau jasa yang dipasarkan dengan lebih detail. Selain itu juga, jika konsumen ingin menanyakan sesuatu kepada pihak produsen bisa di lakukan dengan secara online tanpa harus bertemu. Tentu hal ini menjadi lebih efisien dan menghemat waktu.

  1. Fokus mentargetkan konsumen

Menggunakan jasa digital agency membuat Anda lebih mudah mengarahkan dan mengontrol target konsumen atau audience dengan menggunakan fasilitas Google AdWords yang bisa Anda gunakakn untuk mengontrol lokasi pemunculan iklan, hal ini akan membuat Anda lebih fokus untuk mengarahkan ke area mana lagi Anda akan memperluas market potensial Anda.

  1. Menghemat budget marketing

Digital agency yang baik akan merencanakan anggaran yang tepat untuk kampanye/promosi bisnis anda sesuai dengan budget yang anda miliki. Dengan menggunakan jasa digital marketing yang profesional maka anda bisa menghindari kesalahan-kesalahan (eror) tertentu yang justru bisa menghasilkan pengeluaran yang sia-sia. Agency jauh lebih paham “what works and don’t” dalam digital marketing karena pengalaman yang sudah terasah selama bertahun-tahun, dengan semua pengalaman tersebut tentunya mereka bisa jauh lebih menghemat biaya marketing dan menekan pengeluaran bisnis anda.

Dan kalau di tanya biasanya ada apa aja di digital agency? Di Digital Agency semua pekerjaan di bagi menjadi perdivisi.

Ada divisi web yang biasanya bertugas menjadi web developer dimana dia akan membuatkan klien sebuah web yang mobile friendly dengan interface yang menarik, ada juga divisi desain graphic yang melayani pembuatan desain untuk media digital atau media cetak sebagai sarana pemasaran klien. Divisi internet marketing, nah disinilah peran utamanya sebuah digital agency, divisi internet marketing ini memberikan pelayanan untuk melakukan pemasaran produk klien dengan memanfaatkan media digital. Internet marketing ini di bagi menjadi beberapa divisi lain seperti PPC (Pay per click) yang biasanya membuat iklan sistem perclick dengan memanfaatkan google adwords, SEO (search engine optimation)  yang biasanya membuat strategi bagaimana caranya sebuah website milik klien itu bisa berada di urutan halaman pertama google, dan sosial media yang melakukan promosi sebuah produk klien dengan memanfaatkan sosial media seperti instagram, facebook, twitter, dan lain-lain.

Jadi, jika disimpulkan secara keseluruhan digital agency adalah sebuah perusahaan yang melakukan kegiatan pemasaran untuk produk barang atau jasa milik klien dengan memanfaatkan media digital seperti website, aplikasi, sosial media, search engine, dan lain-lain. Digital agency dengan agency lainnya sangat berbeda dan digital agency lebih unggul jika digunakan untuk melakukan promosi. Karena menggunakan media digital, Anda bisa lebih mengetahui dan mengukur sejauh mana strategi marketing yang dijalankan berhasil, antara konsumen dan produsen dapat berinteraksi secara online, menghemat budgeting, dan lebih efisien.