manfaat emas dalam kehidupan

Emas merupakan salah satu jenis logam mulia yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi. bahkan setiap tahunnya harga emas terus mengalami kenaikan. Sehingga logam mulia yang satu ini sangat cocok sebagai investasi dan bahan pembuatan perhiasan. Selain itu masih banyak manfaat emas yang jarang diketahui. 

Selain berinvestasi emas, masih ada segudang manfaat lainnya untuk kehidupan. Emas seringkali digunakan untuk bahan kecantikan dan bidang industri. Bagi kamu yang mulai penasaran, apa saja manfaat emas, silahkan simak penjelasan berikut ini :

1. Manfaat emas di bidang ekonomi 

Adanya emas sangat bermanfaat karena sebagai komoditi dengan nilai jual yang sangat tinggi. sejak dulu emas sudah digunakan sebagai pengganti uang untuk bertransaksi. Selain itu emas dimanfaatkan sebagai cadangan devisa karena nilai jualnya yang tinggi. 

2. Sebagai konduktor pada smartphone 

Di era modern ini sudah banyak smartphone canggih, keberadaan emas digunakan sebagai konduktor. Hal ini dikarenakan emas merupakan konduktor ideal yang tidak mudah karatan. Sehingga sangat cocok untuk pembuatan produk elektronik yang canggih. 

Baca juga: Prospek Bullish Masih Akan Terasa Pada Emas

3. Pemantul radiasi panas matahari dalam kaca 

Emas seringkali digunakan untuk bahan campuran pembuatan kaca gedung bertingkat. Keberadaannya selain sebagai pemantul radiasi sinar matahari. Sehingga walau panas, kondisi di dalam gedung tetap sejuk dan warna yang dihasilkan tetap indah.

4. Membuat tambalan gigi 

Emas juga bisa digunakan untuk mengisi tambalan gigi. Tentunya manfaat yang ditawarkan melebihi harga emas itu sendiri. Emas digunakan untuk tambal gigi karena memiliki sifat tidak mudah larut, tertelan, dan karatan. 

5. Menjadi elemen pesawat luar angkasa

Pembuatan elemen pesawat luar angkasa ini biasanya memanfaatkan emas. Dimana lapisan emas ini sangat bagus dalam hal menangkal radiasi yang berlebihan. Selain itu emas juga digunakan pada pembuatan mesin pesawat luar angkasa. Hal ini didukung dengan memiliki sifat anti karat dan konduktor yang sangat baik. 

6. Manfaat emas di bidang kecantikan

 Selain digunakan untuk bidang industri, emas juga bisa digunakan untuk kecantikan. penasaran berikut ini penjelasannya: 

  • Emas mampu mengurangi noda hitam, garis halus, dan mengurangi kerutan. 
  • Emas juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya penuaan dini karena mampu mengurangi kekeringan pada kulit 
  • Emas ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai alergi dan menghambat penurunan jumlah kolagen. Bisa digunakan untuk mengatasi alergi karena mengandung antioksidan yang baik untuk meningkatkan sirkulasi darah.