5 Kuliner Medan yang wajib di coba di Medan

Kota Medan tidak hanya kaya dengan adat dan budayanya, tetapi juga kaya akan kulinernya. Sewa mobil medan Apabila Anda berkunjung ke ibu kota dari Sumatra ini wajib banget untuk mencoba kulinernya yang bisa membuat nafsu makan Anda lebih meningkat dan ini adalah 5 kuliner medan yang wajib Anda coba supaya kunjungan Anda ke medan semakin terasa afdhol.

    1. Lontong Medan

Siapa yang tidak tahu dengan lontong? Jenis kuliner ini banyak sekali ditemui. Namun, jika mencari lontong dengan berbagai campuran hanya ada di lontong medan. Lontong inilah yang menjadi menu utama sarapan pagi masyarakat kota Medan kebanyakan. Lontong ini terdiri dari campuran lontong, sambal teri kacang, tauco, mie, bumbu kacang, kuah sayur, dan tak lupa kerupuk merah putih. Beberapa ada yang menambahkan telur dan pergedel. Hampir di sepanjang jalan, siapapun yang berkunjung ke Medan dapat menyicipi sarapan khas Medan ini setiap harinya. Porsi sepiring lontong Medan sekitar Rp. 5.000 – Rp. 15.000 saja.

      1. Daun Ubi Tumbuk

Daun Ubi Tumbuk merupakan kuliner khas dari Mandailing di Kota Medan. Biasanya dipadukan dengan sambal terasi atau gulai ikan lele asap. Yang membuat beda dari menu ini adalah buah cempoka (rimbang) dan kincong yang menjadi campuran utama menu ini. Rental mobil medan Uniknya lagi buah cempoka dan kincong ini cuma ada di tanah Sumatera. Jadi, saat berkunjung ke Medan, sempatkanlah mencicipi daun ubi yang ditumbuk dan dimasak dengan santan ini. Biasanya rumah makan Mandailing akan memberikan sayuran ini secara gratis kepada para pengunjung rumah makan mereka.

      1. Mie Gomak

Tidak hanya negara Italia yang memiliki spaghetti, di Medan juga ada tapi dengan nama yang berbeda yaitu Mie Gomak. Yang membuat unik, bahan mentah dari pembuatan mie ini hanya ada dijual di Sumatera Utara. Biasa disebut mie lidi karena bentuknya seperti lidi. Selain dimakan begitu saja, mie ini juga bisa dicampur dengan kuah lontong atau bumbu kacang. Seporsi mie gomak biasanya dijual dengan harga Rp. 3.000 – Rp.10.000.

      1. Es Krim Tip Top

Siapa yang tidak suka dengan ice cream ? sajian dessert dengan rasa manis ini emang paling jago membuat mulut lebih segar. Di Medan ada sajian kuliner dessert yang bernama Es krim Tip Top. Es krim tip top ini sudah ada sejak 1934 dan diyakini masih memakai resep yang diwariskan secara turun temurun. Selain itu, suasana restoran tua dan terawat juga terlihat begitu melangkah masuk. Cicipilah es krim ala ‘zaman Belanda’ yang ditawarkan di restoran ini. Kebetulan, yang terkenal di restoran yang berlokasi di Kesawan Square ini adalah es krim dan kue tart. Rasa esnya cukup istimewa, tampilan dan aromanya mengingatkan kita akan suasana tahun 30-an di Kota Medan.

      1. Arsik Ikan Mas

Arsik ikan mas? mungkin banyak yang baru mendengar makanan khas Batak Toba ini. Arsik ikan mas itu bersantan tapi bukan gulai. Rasanya bukan pedas, tetapi getir dan asam karena adanya andaliman dan asam glugur. Selain andaliman, yang bikin khas adalah bawang Batak. Kalau Anda ke Medan, banyak rumah makan Batak yang menyajikan menu ini. Jadi, jangan khawatir tidak kebagian Arsik.